Satu Lagi Pasien Covid-19 di Trenggalek Dinyatakan Sembuh

Satu Lagi Pasien Covid-19 di Trenggalek Dinyatakan Sembuh
Peristiwa Daerah
Caption : Bupati Trenggalek saat menggelar konferensi pers (istimewa)

TRENGGALEK - Satu orang asal Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 akhirnya telah dinyatakan sembuh. 

Dengan demikian, dari lima kasus yang ada dua diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan tinggal ada tiga pasien yang masih menjalani isolasi atau observasi yakni pasien 02, 03 dan 05. 

"Kita telah menerima hasil Swab Test pasien 04 untuk ketiga kalinya dengan hasil dinyatakan negatif Covid-19," kata Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin saat menggelar konferensi pers melalui video conferens, Sabtu (23/5/2020). 

Disampaikan Gus Ipin, pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh tersebut yakni laki-laki (43) atau disebut pasien 04 warga Desa Gandusari. 

Pasien tersebut telah menjalani test swab sebanyak tiga kali, test pertama dinyatakan positif pada (12/5). 

Selanjutnya tes kedua dilakukan pada (13/5) dengan hasil negatif dan test swab ketiga pada (18/5) juga telah dinyatakan negatif. 

"Setelah test swab pasien dinyatakan dua kali negatif, maka pasien bisa dinyatakan sembuh," ungkap Gus Ipin. 

Orang nomor satu di Kabupaten Trenggalek ini juga menjelaskan bahwa, setelah pasien menjalani dua kali test swab berturut-turut dengan hasil negatif.

Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menerbitkan surat keterangan yang menyatakan bahwa pasien telah dinyatakan sembuh.

Sedangkan untuk lima orang yang memiliki kontak erat dengan pasien telah menjalani masa isolasi selama 14 hari dan dua kali hasil Rapid Test telah dinyatakan non reaktif. 

"Dengan sembuhnya satu orang, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 saat ini tinggal tiga pasien," terangnya.

Diimbuhkan Arifin, tiga pasien tersebut saat ini sedang menjalani isolasi dan observasi yakni pasien 02, 03 dan 05. Sehingga dari lima kasus yang ada, dua pasien Covid-19 di Trenggalek telah dinyatakan sembuh.

Tiga kondisi pasien sendiri saat ini, dua pasien sudah tidak terdapat gejala dan tinggal menjalani isolasi serta menjaga imunitas tubuh. Sedangkan satu pasien lagi masih memiliki gejala klinis. 

"Untuk dua pasien tersebut tetap menjalani isolasi sambil menunggu hasil test swab berikutnya," pungkas Gus Ipin.


Kontributor : Rudi Yuni
Editor : Aji Susanto
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar