Jumlah ODP dan PDP Bertambah, Gresik Mulai Diperketat

Jumlah ODP dan PDP Bertambah, Gresik Mulai Diperketat
Peristiwa Daerah
Aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP menerapkan aturan physical distancing

GRESIK - Jumlah persebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik per hari ini Sabtu (28/3/2020).

Jumlah orang dalam resiko (ODR) meningkat menjadi 706 orang. Yang dinyatakan selesai pengawasan sebanyak 469 orang. 

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sudah diangkat 132 orang. 107 masih dalam pemantauan dan 25 orang dinyatakan selesai pengawasan. Semuanya tersebar di 18 kecamatan.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Pudak sebanyak 25 orang. Yang tengah mendapat perawatan sebanyak 20 orang. Dinyatakan sembuh sebanyak 4 orang dan 1 orang meninggal dunia. Jumlah PDP tersebut tersebar di 9 kecamatan.

Yang terkonfirmasi positif hingga hari ini hanya satu orang asal Kecamatan Driyorejo.

Disisi lain, aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP Gresik terus memperketan pengawasan dan berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Gresik. Salah satunya memasang himbauan tertib physical distancing di sejumlah wilayah. Salah satunya di Perum Sidorukun, Jl Harus Tohir, Gresik.

"Ini merupakan perintah langsung dari pak Kapolda Jatim dengan tujuan memutus mata rantai penularan Covid-19," kata Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Sabtu (28/3/2020).

Alumnus Akpol 2000 itu berharap, masyarakat yang lain dapat menerapkan hal serupa. Sehingga bersama-sama bisa mencegah penyebaran virus tersebut. 

Sebelumnya, aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP juga melakukan penutupan ruas Jalan Siti Fatimah Binti Maimun yang menuju ke komplek Perum Gresik Kota Baru.

Jalur tersebut ditutup mulai hari Jumat sampai Minggu. Penutupan dilakukan mulai pukul 22.00 hingga pukul 24.00 WIB. Tak ayal jika setiap malam jalur tersebut sepi. 

"Penutupan hanya dilakukan pada jam malam. Tujuannya sterilisasi penerapan physical distancing," ujar Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra.

Ditambahkan, penutupan jalan itu merupakan uji coba awal. Jika berhasil, tidak menutup kemungkinan ruas jalan lain akan diterapkan hal serupa. 

"Selain penutupan jalan kami juga melakukan patroli ke warung-warung. Meminta masyarakat bubar dan berdiam diri di dalam rumahnya masing-masing," pungkasnya.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar