Perangi Corona, Siswa SMA di Gresik Produksi Disinfektan

Perangi Corona, Siswa SMA di Gresik Produksi Disinfektan
Peristiwa Daerah
Siswa SMA Hidayatus Salam Lowayu saat membuat cairan disinfektan 

GRESIK - Perang terhadap coronavirus disease (covid-19) tidak hanya dilakukan oleh pemerintah. Kalangan siswa SMA di Gresik ikut memerangi penyebaran virus tersebut.

SMA Hidayatus Salam Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur misalnya. Anak-anak di sekolahnya tersebut memproduksi cairan disinfektan sendiri.

Dalam sehari hanya bisa produksi 32 liter karena keterbatasan bahan baku di sekolah. Namun, pihak sekolah sudah melakukan pemesanan bahan baku untuk mendukung proses produksi.

"Kami gunakan bahan sesuai rekomendasi kesehatan, dengan bahan utamanya natrium hipoklorit. Kami juga produksi hand sanitizer sekarang masih penyempurnaan," ujar Nikita Khoirun Nisa' yang juga diamini oleh temannya, Muda, pelajar kelas XI MIA SMA Hidayatus Salam Lowayu, Rabu (25/3/2020).

Kepala Sekolah SMA Hidayatus Salam Lowayu, Atho'ilah mengatakan, alasan anak didiknya memproduksi disinfektan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman pandemi virus Corona di Indonesia.

Terutama di tengah kebutuhan disinfektan yang tinggi untuk penyemprotan. Disinfektan ini akan diproduksi masal. Kemudian dijual murah khusus bagi masyarakat Desa Lowayu.

Selain dijual khusus, pihaknya juga akan memanfaatkan disinfektan ini juga untuk penyemprotan di lingkungan sekolah, dan beberapa titik yang dirasa penting.

"Saat ini kami prioritaskan masyarakat Lowayu terlebih dulu, karena kami juga bekerjasama dengan Pemerintahan Desa," ungkapnya.

"Jadi anak-anak ini sering mendapatkan prestasi hingga tingkat nasional tentang penemuan-penemuannya. Maka kami perlu mengamalkan ilmu tersebut untuk membantu masyarakat pada situasi yang seperti ini," ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Lowayu, Amin Iskandar sangat mengapresiasi hasil kerja keras anak-anak didik SMA Hidayatus Salam. Karena kepedulian mereka dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 ini merupakan bentuk gerakan sosial demi kebaikan bersama. 

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, dengan memperhatikan segala anjuran dari pemerintah dan jangan panik. Mudah-mudahan masyarakat Lowayu terhindar dari berbagai musibah terutama ancaman virus Corona," pungkasnya.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar