default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

TACB Kabupaten Situbondo Terbentuk Kali Pertama

TACB Kabupaten Situbondo Terbentuk Kali Pertama
Birokrasi
Ketua TACB Kabupaten Situbondo yang juga Kadispendikbud (tengah), di antara para tenaga ahli cagar budaya pratama.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO- TACB (Tim Ahli Cagar Budaya) Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur terbentuk secara resmi untuk kali pertama. Sebagaimana yang termaktub dalam Keputusan Bupati Situbondo nomor: 188/22/P/004.2/2020 tentang Tim Ahli Cagar Budaya Daerah Kabupaten Situbondo Tahun 2020-2021 tertanggal 6 Januari 2020 komposisinya terdiri dari pelindung yaitu Bupati Situbondo, ketua yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, sekretaris merangkap anggota yaitu Kepala Bidang Kebudayaan di Dispendikbud Kabupaten Situbondo serta anggota dari kedinasan yaitu Kepala Seksi Pelestarian Cagar Budaya dan Museum (PCBM) pada Dispendikbud.

Kemudian anggota lainnya 5 orang berasal dari tenaga ahli cagar budaya pratama yang telah lulus uji kompetensi. Mereka adalah Viskanto Adi Prabowo, Agung Hariyanto, Irwan Kurniadi, Halil Budiarto dan Rangga Wahyudi.

Dalam SK (Surat Keputusan) Bupati Situbondo tersebut, TACB bertugas melakukan pengkajian berupa identifikasi dan klasifikasi terhadap benda, struktur, bangunan, situs dan kawasan yang diduga sebagai cagar budaya yang didaftarkan dan diusulkan untuk ditetapkan sebagai cagar budaya daerah.

Selain itu, tim ini juga ditugaskan melakukan koordinasi dengan instansi dan pihak terkait dalam melakukan pengkajian guna penetapan, pemeringkatan dan penghapusan cagar budaya daerah.

Selanjutnya, tim juga ditugaskan memberikan rekomendasi dan melaporkan hasil tugasnya kepada Bupati Situbondo.

Kepala Dispendikbud, H. Achmad Djunaidi membenarkan turunnya SK Bupati Situbondo tentang TACB.

"Benar, surat (SK, red) sudah turun. Dan untuk program kerja bulan ini sudah start," ucapnya.(*)


Kontributor : Irwan Rakhday
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar