SUARA INDONESIA NGANJUK

Warga Mewaspadai, Tanah Retak Ratusan Meter, di Desa Margopatut, Sawahan

Magang - 21 February 2021 | 20:02 - Dibaca 380 kali
Peristiwa Warga Mewaspadai, Tanah Retak Ratusan Meter, di Desa Margopatut, Sawahan
Situasi Retak di Lokasi Desa Margopatut, dsn petungulung

NGANJUK - Sebanyak kurang lebih 50 rumah di tiga RT Dusun Petung Ulung, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, kini harus lebih waspada.

Sebab, tanah didusun tersebut mengalami retak sepanjang 200 meter dengan lebar retakan sekitar 10 sampai 15 centimeter bahkan retakan tanah sudah berdampak pada sejumlah bangunan rumah warga.

Sebagai langkah antisipasi, pihak desa bersama Forpimcam setempat memberikan imbauan kepada warga agar lebih waspada saat malam hari dan mengungsi terutama saat turun hujan. 

" Retakan sudah kami waspadai, karena lokasi tersebut rawan longsor, sementara sudah kami himbau warga kami yang disana, " kata Kepala Desa Margopatut, Solikin ketika dihubungi wartawan, Minggu, (21/02/2021)

Sejauh ini tanah retak yang terjadi telah dilaporkan ke BPBD setempat. selain itu muspika kecamatan sawahan juga telah membentuk sejumlah posko pengungsian dan juga posko bantuan ditempat yang lebih aman.

Sementara itu, saat siang hari sebanyak 150 jiwa yang berada di dekat lokasi retakan kini masih beraktivitas seperti biasa, namun saat malam hari dan turun hujan warga memilih mengungsi di posko pengungsian ataupun di rumah sanak saudara khusus untuk lansia saat ini sudah dilakukan evakuasi dan telah diungsikan ditempat yang aman ada juga yang memilih mengungsi di luar Dusun Petungulung.

Pada titik retakan saat ini sudah terpasang alat pendeteksi dini pergerakan tanah namun sudah sejak beberapa bulan ini alat tersebut tidak berfungsi kembali. 

Untuk mengetahui adanya pergerakan tanah untuk sementara warga menggunakan alat deteksi manual menggunakan peralatan yang sederhana sementara tidak berfungsinya alat deteksi dini bencana tersebut kini telah dilaporkan ke BPBD setempat dan akan segera ditindak lanjuti. (Roy)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya